1 / 1

PEMKAB NUNUKAN GELAR RAKOR BIDANG PEMERINTAHAN

News Update – Pemerintah Kabupaten Nunukan melalui Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan menggelar rapat koordinasi bidang Pemerintahan di Ballroom Hotel Laura Nunukan, Rabu (18/11).

Acara ini dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Lurah dan Kepala Desa se-kabupaten Nunukan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus, S. IP., M. Si., mewakili Plt Bupati Nunukan Ir. H. Faridil Murad,SE.,M.T., menyampaikan bahwasannya kegiatan ini merupakan amanat Undang-undang, kecamatan adalah organisasi perangkat daerah yang mendapat limpahan sebagian wewenang dari Bupati untuk melaksanakan urusan otonomi daerah, kecamatan juga bertugas melaksanakan fungsi – fungsi koordinasi, pembinaan dan pengawasan di wilayah masing-masing.

Plt. Bupati Nunukan dalam sambutannya berharap camat sebagai kepala wilayah di kecamatan harus mampu menjalin kerjasama dan melakukan koordinasi yang baik dan efektif dengan para lurah dan kepala desa di wilayah nya masing-masing.

“Saya berharap para camat dapat bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik terhadap para lurah dan kepala desa di wilayah masing-masing terkait dengan pembangunan dan keamanan wilayahnya, tidak termakan isu terkait dengan netralitas nya sebagai ASN dalam pilkada yang akan berlangsung pada Desember nanti, tetap bekerja profesional tunjukkan kinerja, saya akan melakukan penilaian obyektif terkait kinerja,” tegasnya.

Serfianus berharap pula agar para Camat memiliki inovasi di perangkat daerah masing-masing dan dirasakan manfaatnya.

“Terkait dengan Camat, Lurah maupun Kepala Desa diharapkan untuk berupaya untuk menyinkronkan dan menyolidkan hubungan antar Instansi pemerintah daerah, ini adalah hal yang mutlak yang harus diupayakan untuk menjamin seluruh masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah yang melindungi, membina, melayani dan mengayomi,”tegasnya.

Di akhir sambutan disampaikan bahwa ditengah situasi pada saat ini, pada masa pandemi dan menuju pilkada serentak, masyarakat sangat membutuhkan arahan dan bimbingan dari seluruh jajaran pemerintah agar tetap tenang dan selalu percaya diri, pemerintah tidak boleh membiarkan masyarakat berjalan sendiri dalam menghadapi situasi yang serba tidak pasti seperti sekarang ini.

“Saya ingin Pilkada tahun ini dapat berjalan secara demokratis, jujur dan adil, serta menghasilkan kepemimpinan yang kuat dan legitimate, netralitas seluruh jajaran ASN dalam menyikapi pilkada kali ini. Seluruh ASN harus mampu menjadi contoh dan panutan bagi masyarakat tentang bagaimana seharusnya bersikap dalam menghadapi keriuhan pesta demokrasi,” ucapnya.

Di kesempatan yang sama Kepala Bagian Pemerintah H. Surai, S.Sos, menyampaikan
Rakor ini penting dalam rangka melaksanakan tugas pemerintah daerah dan mampu mengkoordinasikan dengan baik berbagai persoalan, ataupun permasalahan yang timbul dimasyarakat.

Seluruh jajaran pemkab diminta untuk senantiasa memberi respon cepat setiap keluhan dan aspirasi yang berkembang di masyarakat.

“Tugas kita selaku aparat bagaimana senantiasa menciptakan Pemerintahan ini selalu hadir di tengah masyarakat, Seluruh masyarakat bisa sampaikan keluhannya melalui aparat Pemerintah yang ada di masing-masing OPD dan Pemerintah Kecamatan agar bisa direspon,” katanya.

“Semoga kerjasama senantiasa terjalin antar Forkopimda untuk peningkatan pembangunan di Kabupaten Nunukan,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut hadir sebagai narasumber yakni Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan Muhammad Amin, SH, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Nunukan Farida Aryani SE,. M.AP, dan Kepala Puskesmas Nunukan dr. Ika Bihandayani (Humas/Diskominfotik).

Bagikan ke...

Meirita Syaputri

Comments

X