1 / 1

LAURA : Bersama Kades Kita Mencegah dan Mengantisipasi Virus Corona (Covid-19)

Tingkat Pendidikan

WARTA HUMAS – Menyangkut dengan persebaran pandemi Virus Corona (Covid-19) Bupati Nunukan ibu Hj. Asmin Laura Hafid, SE.MM pada kesempatan Rakor Percepatan pelaporan Dana Desa di ruang pertemuan lt. V, Kamis (19/03).

Bupati Laura menyampaikan bahwa untuk sementara waktu seluruh lapisan masyarakat harus konsisten mengikuti semua arahan-arahan dari pemerintah pusat mengurangi pertemuan-pertemuan yang tidak penting. Beberapa waktu kedepan juga pegawai-pegawai mungkin ada arahan dari Menpan untuk di liburkan.

Kepada kepala desa Bupati Laura berharap agar dapat door to door mengingatkan masyarakat tentang pencegahan covid-19. Bupati berharap agar masyarakat membudayakan hidup bersih rajin cuci tangan sebelum dan sesudah berkegiatan kemudian berusaha untuk makan makanan yang bergizi untuk menambah daya tahan tubuh. Harus menjaga dan memastikan daya tahan tubuh selalu bugar. Jangan terlalu sering menyentuh wajah secara langsung dengan menggunakan tangan. Jangan panik, namun yang harus dilakukan adalah mengantisipasi covid-19.

“Pemerintah Daerah mengajak bersama Bapak/ibu kepala desa bersama-sama kita untuk mentasipasi dan mencegah Virus Corona .Untuk ini saya berpesan kepada seluruh kepala Desa agar mengingatkan masyarakat tentang pencegahan Virus Corona melalui door to door. Saya sudah sampaikan kepada pak Gubernur bahwa kita punya 4 sampai 7 pintu yang ada diperbatasan, Sebatik, Sei Menggaris, Lumbis Pansiangan, Lumbis Hulu, kemudian Krayan yang semuanya sarana prasaran yang sangat terbatas sekali. Jadi kita bukan panik namun kita harus mengantisipasi. Saya harus memastikan masyarakat saya aman dari itu semua. Misalnya di Krayan ada seseorang yang terindikasi, cara mengevakuasinya seperti apa. Karena belum tentu ada pesawat yang mau mengevakuasi orang yang terinfikasi tersebut”, tutur Bupati.

Bupati juga menambahkan bahwa masyarakat dapat membuat hand sanitizer sendiri kalau memang sudah tidak ada yang terjual atau tersediah di pasaran. Hand sanitizer dapat di buat dari daun sirih yang direbus kemudian setelah berubah warna dan dingin lalu masukkan ke botol spray. Cairan Dettol yang di campur air juga dapat membasmi virus corona. Sekarang ini bukan di persoalan di uangnya. Uang ada untuk membeli. Namun persoalan barang yang tersedia belum ada.

“Kita memiliki dana tanggap darurat. Nanti saya akan menandatangani SK tanggap darurat. Uang mudah-mudahan tersedia untuk tanggap darurat itu dapat segera di cairkan. Sekarang persoalan barangnya yang tidak tersedia. Kami di Pemda sudah pesan dari februari namun hingga sekarang belum datang-datang. Jadi upaya kita di Pemerintah daerah sudah cukup masive dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19 ini karena kita berada di perbatasan,” Tambah Laura.

Persoalan Covid-19 ini memang pergerakan harus masif, pemerintah tidak dapat bergerak sendiri yang paling penting kesadaran masyarakat dalam menindaklanjuti dan mencegah Covid-19 di Kabupaten Nunukan. (HUMAS)

.

Administrator

Comments