1 / 1

Bank Indonesia Percayakan PT BPD Kaltimtara Nunukan sebagai Kas Titipan

WARTA HUMAS – Bupati Nunukan, Hj Asmin Laura Hafid SE.MM meresmikan Kas Titipan Bank Indonesia di Wilayah Nunukan, di Halaman Parkir Roda Empat PT BPD Kaltimtara Cabang Nunukan, (04/09/2020).

Peresmian Kas titipan Bank Indonesia wilayah Nunukan di Bank Kaltimtara ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati, pada Jum’at, 04 September 2020 yang disaksikan Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Kalimantan Utara serta pimpinan Bank Kaltimtara.

Bupati Laura dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi atas langkah yang diambil oleh Bank Indonesia untuk membuka kas titipan di wilayah Nunukan dikarenakan dunia perbankan hingga saat ini telah dipercaya oleh masyarakat untuk dapat mendorong percepatan pembangunan dan mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat, demikian juga dengan masyarakat di Kabupaten Nunukan yang memahami Bank bukan hanya sebagai penyedia mekanisme dan alat pembayaran yang lebih efisien dalam kegiatan ekonominya namun juga menciptakan uang melalui penyaluran kredit dan investasi menghimpun dana dan menyalurkan kepada masyarakat dan perwalian amanat kepada individu dan perusahaan.

“Dengan diresmikannya Kas Titipan Bank Indonesia di wilayah Nunukan pada PT BPD Kaltimtara Cabang Nunukan rasanya menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat, selaku Pemerintah Daerah saya mengapresiasi atas langkah yang diambil oleh Bank Indonesia untuk membuka kas titipan di wilayah Nunukan pada PT BPD Kaltimtara Cabang Nunukan, saya berharap kiranya dengan dibukanya Kas Titipan Bank Indonesia di Nunukan ini maka seluruh Bank Peserta yang ada di Wilayah Kabupaten Nunukan dapat semakin meningkatkan kualitas mutu tata kelola kas yang lebih efektif yang akan berdampak pada peningkatan mutu layanan kepada Nasabah” katanya.

Lebih lanjut Bupati Nunukan berharap kiranya PT BPD Kaltim Kaltara Cabang Nunukan yang menjadi kas titipan Bank Indonesia di wilayah Nunukan juga dapat dengan cermat menghitung ketersediaan kas bagi Bank Peserta yang ada di seluruh wilayah Nunukan sehingga tujuan dari penyediaan kas titipan itu sendiri dapat tercapai.

“saya berpesan kepada PT BPD Kaltimtara Cabang Nunukan yang telah ditunjuk oleh Bank Indonesia sebagai Kas Titipan Bank Indonesia di wilayah Nunukan bisa lebih cermat menghitung ketersediaan kas bagi Bank Peserta yang ada diseluruh wilayah Nunukan, sehingga dari kesemuanya itu maka tujuan dari penyediaan kas titipan itu sendiri dapat tercapai, yaitu tersedianya uang edar di perbankan, pengelolaan kas yang efisien aman dan optimal serta dapat meningkatkan dan memberikan kelancaran transaksi ekonomi karena ketersediaan uang yang memadai”, tutup Laura.

Dalam kesempatan ini Muhammad Hidayat selaku pemimpin kantor wilayah provinsi Kalimantan Utara PT BPD Kaltim kaltara berharap dengan adanya kantor titipan ini memudahkan perbankan memberikan layanan kepada masyarakat khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Nunukan.

“Kas Titipan yang ada di Nunukan ini adalah Kas Titipan yang ke – 3, yang sebelumnya ada di Tanjung Selor dan Kabupaten Malinau, dan ketiga nya di percaya kan kepada PT BPD Kaltimtara Cabang Nunukan. Mudah-mudahan dengan adanya kas titipan ini memudahkan perbankan memberikan layanan kepada masyarakat khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Nunukan”. Katanya.

Di kesempatan yang sama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara bapak Yufrizal mengatakan pengelolaan dana Kas Titipan Bank Indoensia (Kastip BI) untuk wilayah Nunukan telah melalui proses yang sangat panjang, dan alhamdulillah tahun ini PT BPD Kaltimtara Cabang Nunukan dipercaya sebagai pengelola kas titipan tersebut.

“Sekedar diketahui, Kas Titipan BI ini memberikan manfaat terkait dengan ketersediaan uang yang layak edar untuk memenuhi kebutuhan uang nasabah di perbankan. Sehingga perbankan tak perlu jauh jauh lagi keluar daerah mencari uang tunai. Disamping itu, perbankan kini memiliki akses lebih cepat untuk mendapatkan Uang Layak Edar dan Uang Hasil Cetak Sempurna (HCS) dalam jumlah yang cukup” ucap Yufrizal.

Lebih lanjut Yufrizal mengatakan pada intinya kebutuhan masyarakat akan uang layak edar dengan pecahan yang sesuai dan tepat waktu itu terpenuhi serta pengelolaan kas yang efisien pada masing-masing bank. Namun yang tak kalah penting, sebut Yufrizal, ketersediaan uang tunai akan meningkatkan dan memperlancar transaksi ekonomi yang pada akhirnya akan mendukung pencapaian target penumbuhan ekonomi pada suatu daerah. Kas titipan BI ini meliputi wilayah Tanjung Selor dan Kabupaten Malinau.

Acara peresmian Kas Titipan Bank Indonesia di tutup dengan penyerahan Uang Pecahan Khusus atau UPK pecahan 75 Ribu Rupiah dari Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara kepada Bupati Nunukan dan Pemukulan Gong sebagai tanda di resmikan nya Kas Titipan Bank Indonesia oleh Bupati Nunukan dan di saksikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara, Pemimpin Kantor Wilayah PT BPD Kaltim Kaltara dan Pimpinan PT BPD Kantor Cabang Nunukan (Humas)

Bagikan ke...

abdurrahman rahman

Comments