NEWS FLASH

Informasi Umum

H Abidin Tajang SH MSi : Program Paten Lebih Maju Dibandingkan Kabupaten Kota Se Kaltim dan Kaltara

Untuk Optimalisasi Pelayanan Publik Pemkab Nunukan Luncurkan Paten

Humas Pemkab Nunukan | Kamis, 17 Oktober 2013 - 13:28:05 WIB | dibaca: 2020 pembaca

Camat Nunukan Umboro Hadisuseno SE menyerahkan perizinan yang dilakukan melalui Program Paten kepada perwakilan pelaku usaha disaksikan Asisten Bidang Pemerintahan Provinsi Kalimantan Timur Drs Aji Sayid Faturrahman MSi.

Nunukan – Optimalisasi pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang dinilai belum optimal, Pemerintah Kabupaten Nunukan meluncurkan (Launching) Pelayanan Administrasi Terpadu  Kecamatan (Paten) di 15 kecamatan yang ada dikabupaten Nunukan dipusatkan di Kecamatan Nunukan pada Kamis (17/10) yang secara resmi diluncurkan oleh Asisten Bidang Pemerintahan Provinsi Kalimantan Timur Drs Aji Sayid Faturrahman MSi.
Bupati Nunukan melalui Asisten Bidang Pemerintahan H Abidin Tajang SH MSi pada acara Launching Paten menyampaikan kualitas pelayanan publik masih belum optimal dan harus ditingkatkan hal ini menjadi perhatian serius dari pemerintah daerah bagaimana mencari dan menerapkan pola atau sistem yang terbaik untuk meningkatkan pelayanan publik.
“Harus disadari bahwa kualitas pelayanan publik yang diberikan adalah salah satu indikator utama bagi masyarakat untuk menilai apakah sistem pemerintahan yang dijalalankan sudah sesuai,” ujarnya.
Dikatakan, peluncuran Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) merupakan wujud komitmen dari pemerintah kabupaten nunukan untuk melakukan perbaikan terhadap kinerja pelayanan publik secara berkesinambungan. dalam arah kebijakan pembangunan melalui gerbang emas, pemerintah daerah menaruh perhatian serius terhadap upaya peningkatan kapasitas dan kewenangan bagi kecamatan dalam proses pembangunan. pelimpahan beberapa kewenangan kepada kecamatan menjadi salah satu strategi dalam rangka memperpendek rentang birokrasi, sehingga pelayanan publik dapat dilaksanakan dengan lebih cepat, lebih tepat dan lebih murah.
“Dengan adanya sistem pelayanan administrasi terpadu, tertata dengan baik dan integral menjadi faktor penting bagi seluruh aparatur kecamatan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” Ungkapnya.
Disampaikan, untuk menjalankan program Paten tidak ringan, tetapi apabila sistem dijalankan dengan baik, akan memberikan hasil dan manfaat yang baik. pemerintah daerah dan seluruh jajaran tentu mempunyai komitmen agar setelah diluncurkan secara resmi, maka sistem ini harus terus disempurnakan. meskipun penerapan paten masih dalam tahap penyempurnaan, tetapi berdasarkan evaluasi yang ada, setidaknya kabupaten nunukan, atas kerja keras seluruh jajaran pemerintahan terutama kecamatan dan instansi terkait, dinilai selangkah lebih maju dalam penerapan paten ini. tentu ini harus menjadi motivasi bagi kita semua, untuk terus membenahi diri dalam memeberikan pelayanan kepada masyarakat melalui program paten.
“Oleh karena itu, kepada seluruh camat diharapkan agar melakukan pemantauan, analisa dan evaluasi terhadap implementasi penerapan paten ini,” ungkapnya.
Ditambahkan, untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik yang prima, beberapa strategi yang ditempuh oleh pemerintah daerah kabupaten nunukan, yaitu deregulasi, penataan kembali tata aturan pelayan publik, penataan sistem birokrasi yang lebih efektif dan efesien dengan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat secara tepat, cepat dan murah serta peningkatan profesionalisme aparatur sekaligus mendorong upaya peningkatan partisipasi masyarakat sebagai pengguna dan penerima layanan publik. perbaikan pelayanan publik, dimulai dari aspek reformasi pola pikir atau paradigma penyelenggaraan pelayanan publik yang semula berorientasi kepada pemerintah sebagai penyedia layanan bergeser menjadi orientasi kepada kebutuhan masyarakat sebagai pengguna layanan.
“Alternatif yang paling tepat untuk memulai perbaikan pelayanan publik adalah bagaimana kita mampu menerapkan prinsip dasar pelayanan publik yang berorientasi pada kepuasan masyarakat pada muaranya akan berdampak pada peningkatan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah daerah Kabupaten Nunukan,” Ungkapnya.
Bupati berharap agar penerapan sistem paten akan menjadi model dalam rangka peningkatan pelayanan prima dan peningkatan peran strategis camat dalam pembangunan, pemberdayaan dan pelayanan masyarakat serta mewujudkan kecamatan sebagai simbol pelayanan publik oleh pemerintah secara umum.(ayu/hms)