PEMBUKAAN SOSIALISASI DAN PELATIHAN PENERAPAN SIMDA PENDAPATAN SKPD TAHUN 2017 DI KABUPATEN NUNUKAN

By Diskominfotik Nunukan 16 Jul 2017, 01:46:47 WIBDaerah

PEMBUKAAN SOSIALISASI DAN PELATIHAN PENERAPAN SIMDA PENDAPATAN SKPD TAHUN 2017 DI KABUPATEN NUNUKAN

Keterangan Gambar : [Dokumentasi] Prosesi penandatanganan MoU antara Pemerintah Daerah Kab. Nunukan dengan BPKP RI Perwakilan Prov. Kaltara.


NEWS UPDATE - Berdasarkan amanah Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah, Pemerintah wajib menyusun laporan keuangan setiap akhir tahun anggaran sebagai wujud pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Dalam rangka penyusunan laporan keuangan Kabupaten Nunukan melaksanakan sepenuhnya peraturan pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah yang berbasis akrual dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 64 Tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual pada Pemerintah Daerah.

Salah satu komponen dalam laporan keuangan adalah laporan pendapatan yang akurat yang bisa terkoneksi dengan Simda Keuangan. Simda pendapatan daerah ini merupakan suatu terobosan yang patut didukung dan diapresiasi dalam rangka peningkatan layanan kepada masyarakat terkait pendapatan. Untuk memaksimalkan aplikasi Simda ini, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kab. Nunukan bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP RI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara menyelenggarakan Sosialisasi dan Pelatihan Penerapan Simda Pendapatan SKPD/OPD Teknis Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah di Lantai IV Kantor Bupati Kab. Nunukan pagi tadi (11/07).

Acara Pembukaan Sosialisasi dan Pelatihan Penerapan Simda Pendapatan SKPD/OPD Tahun 2017 ini dibuka secara resmi oleh Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, SE, MM dan turut dihadiri oleh Kepala BPKP RI Perwakilan Prov. Kaltara berserta rombongan, Kepala SKPD/OPD Kab. Nunukan dan para peserta Sosialisasi dan Pelatihan Penerapan Simda Pendapatan SKPD/OPD Tahun 2017 di Kab. Nunukan.

Menurut Laporan Ketua Panitia yaitu Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kab. Nunukan, kegiatan akan berlangsung selama 2 (dua) hari mulai tanggal 11 - 12 Juli 2017 yang diikuti oleh 26 peserta dari Bendahara, penerima dan aparatur komputer. Kegiatan ini terdiri dari 2 (dua) tahapan yang diawali dengan pemberian materi dari narasumber, dilanjutkan dengan praktek langsung aplikasi Simda.

"Program Simda adalah alat bandu yang digunakan Pemerintah Daerah untuk mengelola pendapatan sampai dengan peraturan. Dengan aplikasi Simda, pengelolaan pendapatan akan lebih cepat, rapi dan tertata serta laporan pendapatan dan dokumen pendukung yang dapat diandalkan", terang Kepala BP2RD Kab. Nunukan.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Bupati Nunukan disertai dengan penandatanganan MoU antara Pemerintah Daerah Kab. Nunukan dengan BPKP RI Perwakilan Prov. Kaltara.

Bupati Nunukan menyampaikan harapannya atas terlaksananya kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan ini, "besar harapan kami kepada Kepala Perwakilan BPKP RI Prov. Kaltara beserta jajarannya untuk memberikan masukan-masukan yang positif dan konstruktif, sehingga pengembangan manajemen pemerintahan khusus Simda Pendapatan Kab. Nunukan dapat diperbaiki untuk mewujudkan akuntabilitas dan transparansi serta lebih efektif dan efisien untuk tahun-tahun yang akan datang."

Kepala BPKP RI Perwakilan Prov. Kaltara yang baru pertama kali berkunjung ke Kab. Nunukan ini juga turut memberikan sambutannya. Beliau sedikit memberikan penjelasan mengenai BPKP, bagaimana tugas dan fungsinya. "BPKP adalah aparatur internal Pemerintah atau bisa disebut Aparat Pengawasannya Presiden yang dimandatkan 3 (tiga) hal, yaitu pengawasan yang sifatnya lintas sektorat, pengawasan kebendaharaan umum negara atas penetapan Kementerian Keuangan, serta pengawasan atas penugasan dari Presiden."

"Akuntabilitas tidak akan berjalan dengan baik jika tidak ada pengawasan. Akuntabilitas, transparansi dan pengawasan, 3 hal ini harus saling terjalin. BPKP ingin membantu untuk mewujudkan itu", tambahnya sebelum mengakhiri sambutan. (RDJ/photo by Nain)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. harga power bank 10 Sep 2017, 00:31:30 WIB

    untuk mewujudkan akuntabilitas dan transparansi serta lebih efektif dan efisien untuk tahun-tahun yang akan datang

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • agen bola online

    Saya rajin kunjungi web ini karena artikelnya bermanfaat. Salam Kenal hubungi ...

    View Article
  • agen bola online

    Saya rajin kunjungi web ini karena artikelnya bermanfaat. Salam Kenal hubungi ...

    View Article
  • Jasa Cuci Sofa

    Salam kenal untuk pemilik webnya. Kontennya bagus banget. ...

    View Article
  • Sari Roti

    bagus artikelnya ...

    View Article