PELETAKAN BATU PERTAM PEMBANGUNAN R.S PRATAMA SEBATIK

By Diskominfotik Nunukan 27 Jul 2017, 05:43:38 WIBDaerah

PELETAKAN BATU PERTAM PEMBANGUNAN R.S PRATAMA SEBATIK

Keterangan Gambar : Foto bersama di lokasi pembangunan R.S Pratama di Sebatik


Laura; "Kontraktor Usahakan Pembangunan RS Pratama Tepat Waktu"

 

NEWSUPDATE – Pembangunan Rumah Sakit Pratama setelah Kec. Sebuku dan Krayan, kini impian masyarakat Pulau Sebatik pun terwujud atas pembangunan Rumah Sakit Pratama (RSP) melalui anggaran pemerintah pusat. Pembangunan Rumah Sakit Pratama (RSP) difokuskan di Kecamatan Sebatik Induk, dimana lokasi Pembangunan RSP dekat dari pantai wisata kayu angin dan dekat dari masyarakat juga. Ini merupakan perkembangan yang cukup baik bagi pelayanan kesehatan sesuai dengan program kerja Bupati Nunukan. Peletakan batu pertama Pembangunan Rumah Sakit Pratama Sebatik diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan melalui UPTD Kesehatan Pulau Sebatik pada Selasa ini (25/07).

 

Pelaksanaan Pembangunan Rumah Sakit Pratama ini memiliki banyak kendala yang dialami oleh pihak Kecamatan di saat menentukan layaknya pembangunan Rumah Sakit Pratama. Seperti yang dikatakan Muklis Camat Sebatik Induk, “perlu saya sampaikan Rumah Sakit Pratama saat lokasinya sudah ada tidak serta merta langsung disetujui pembangunannya, tetapi banyak permasalahan yang kami hadapi. Salah satunya adalah kondisi lokasi ini yang tadinya diberikan oleh Kementrian Kesehatan RI, tidak sesuai kondisi yang sebenarnya. Dimana diinformasikan bahwa tidak ada persentatif untuk dijadikan lokasi Rumah Sakit Pratama. Tapi kami dari unsur Kecamatan Sebatik yang pada saat itu dipimpin oleh Ir. M. Sofiang. Dengan inisatif beliau akhirnya diputuskanlah lokasi ini menjadi Rumah Sakit Pratama Pulau Sebatik."

 

Pembangunan Rumah Sakit Pratama dengan luas lokasi kurang lebih 3 Hektar tanah akan menelan biaya kurang lebih 42 milyar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat, seperti yang disampaikan dr. M tololiu Kepala Dinas Kesehatan, “pembangunan Rumah Sakit Pratama akan menelan biaya sebesar Rp. 42.000.000.000,- dengan rincian Rp. 24.000.000.000,- untuk pendirian bangunan fisik, Rp. 16.850.000.000,- untuk Pengadaan Peralatan Kesehatan, Rp. 1.290.000.000,- untuk pengadaan Kenderaan Direktir RS, Ambulance, Mobil Jenasah, Pickup Penunjang dan 5 Kenderaan Roda dua, dan Rp. 855.000.000,- untuk prasara dan penunjang lainnya."

 

“Rumah sakit ini dibangun dengan ukuran 2.800 m2 yang terdiri atas 46 ruangan yang mencakup ruang administrasi, ruangan poliklinik, ruangan kebidanan, ruang UGD, ruang rawat inap, ruang radiologi dan ruang penunjang lainnya, khusus rawat inap tersedia 10 ruangan dangan 50 tempat tidur”, tambah Kepala Dinas Kesehatan.

 

Pembangunan Rumah Sakit Pratama Sebatik diperkirakan akan selesai Desember tahun ini dan akan difungsikan awal tahun depan, dan diharapkan mampu memberikan manfaat bagi seluruh warga pulau Sebatik. Lahan Rumah Sakit Pratama merupakan tanah hibah dari Ir. M. Sofiang di saat beliau menjabat sebagai Camat Sebatik Induk. Ini semua dilakukan untuk kesehatan masyarakat Pulau Sebatik agar lebih dekat untuk pelayanan kesehatan. Mengingat banyak masyarakat yang mengelukan biasa menuju RSUD yang jauh dari jangkauan karena berada di Ibu Kota Kabupaten Nunukan.

 

Bidang Kesehatan merupakan salah satu program pemerintah dalam rangka membangun sumber daya manusia yang berkualitas, sebagaiman tercantum dalam Misi Pemerintah Kabupaten Nunukan yang sejahtera melalui peningkatan derajat kesehatan sebagai syarat utama bergulirnya pembangunan.

 

Pada kesempatan yang sangat berharga Bupati Nunukan menghimbau kepada seluruh elemen yang memiliki peran penting dalam terwujudnya Rumah Sakit Pratama ini. “Pembangunan Rumah Sakit Pratama diharapkan dapat menjadi sampul bagi pelayanan kesehatan, khususnya di Pulau Sebatik dan diperlukan partisipasi masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan sehingga proses pembangunan dapat berjalan lancar, tepat waktu dan sesuai standar mutu yang baik. Karena bangunan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam jangka panjang”, terang Bupati Nunukan.

 

“Buat Kontraktor yang mengerjakan proyek pembangunan Rumah Sakit Pratama, saya sampaikan agar bisa diselesaikan tepat waktu dan kalau bisa akhir November ini sudah rampung semuanya. Karena anggaran DAK ini tidak sama dengan anggaran yang lainnya. Butuh proses waktu 1 bulan  untuk pencairannya, karena anggaran DAK ini langsung dari Pusat. Jadi mohon dikerjakan sesuai dengan perencanaannya. Dan saya juga mengingatkan jika bisa bekerja sama dengan pihak keamanan setempat, pemerintah Kecamatan dan masyarakat setempat, agar proses pekerjaannya berjalan dengan lancar”, tambah Hj. Asmin Laura saat memberikan sambutan.

 

Setelah proses pekerjaan berjalan banyak hal yang akan dipikirkan lagi nantinya, pemerintah tidak serta merta diam dan melihat saja akan kebutuahan Rumah Sakit Pratama ini. “ Setelah proses pembangunan RS Pratama ini berjalan, banyak hal yang akan dipikirkan untuk memudahkan pelayanan kesehatan, mulai dari dokter yang akan dibutuhkan hingga jalan yang mudah dilalui oleh masyarakat nantinya. Saya minta perhubungan untuk memikirkan masalah listriknya seperti apa dan PU bagaimana jalannya juga harus diperbaiki dan usahakan ada akses jalan yang lebih dekat untuk memudahkan masyarakat sebatik menuju RS Pratama”, tegas Bupati saat menutup sambutannya.

 

Setelah memberikan sambutan dan menyatakan secara resmi pelaksanaan pembangunan RS Pratama Sebatik, Bupati Nunukan beserta undangan melakukan prosesi peletakan batu pertama yang diawali oleh Bupati Nunukan dan dilanjutkan oleh tamu undangan. Pada kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Pratama Pulau sebatik, dihadiri oleh Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Nunukan, Unsur Muspida Pulau Sebatik, Unsur SKPD Nunukan, Camat se-Pulau Sebatik, Kontraktor yang melaksanakan Pembangunan RS Pratama Sebatik, dan masyarakat Pulau Sebatik.

 

“Untuk masalah dokter sudah dipersiapkan oleh kepala Dinas Kesehatan paling sedikit 5 dokter yang dibutuhkan seperti yang disampaikan oleh dr. M. Tololiu, tapi untuk lebih teknisnya dinas kesehatan yang mengetahuinya. Kita siapkan dulu sarana dan prasananya. Nanti secara otomatis jika dinyatakan layak maka kita akan persiapkan yang lain lagi. Saya juga sudah sampaikan kepada Kepala Dinas PU untuk memprioritaskan di tahun 2018 masalah akses jalannya, bahkan saya juga sudah menyuarakan di pusat mengenai akses jalan. Bukan hanya RS Pratama saja, namun semua yang membutuhkan akses jalan yang ada di Kabupaten Nunukan”, jelas Hj. Laura di sesi wawancara saat makan siangnya. (HBM/Awan/Editor : RDJ)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Pittsburgh Steelers vs New York Giants Live Stream 11 Agu 2017, 15:14:44 WIB

    nice info

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • obat peninggi badan

    Selamat kepada penerima piagam penghargaan,, ...

    View Article
  • streaming online gratis

    Mantabh sekali pak tentara ...

    View Article
  • streaming liga 1

    nice ...

    View Article
  • harga

    terimakasih, memang benar kebutuhan pangan yang baik sangat penting untuk kehidupan yg ...

    View Article