NUNUKAN TUAN RUMAH PEMANTAPAN TAGANA MULA TAHUN 2017

By Diskominfotik Nunukan 16 Jul 2017, 02:05:36 WIBDaerah

NUNUKAN TUAN RUMAH PEMANTAPAN TAGANA MULA TAHUN 2017

Keterangan Gambar : [Dokumentasi] Para Peserta Pemantapan TAGANA Mula Provinsi Kalimantan Utara


NEWSUPDATE – Bencana yang setiap tahunnya menjadi langganan buat Kabupaten Nunukan bahkan ibu Kota Provinsi Kalimantan Utara Kabupaten Bulungan menjadikan dasar kuat untuk meningkatkan kemampuan, skil, dan Sumber Daya Manusia dan Rekrutmen dalam kesiapsiagaan menghadapi Bencana Alam. Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Utara memberikan kepercayaan kepada Dinas Sosial Kabupaten Nunukan untuk menjadi Tuan Rumah pelaksanaan Pemantapan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Mula, serta rekrutmen keanggotaan TAGANA di lingkup Provinsi Kalimantan Utara. Pelaksanaan Pemantapan TAGANA Mula di ikuti 50 peserta terdiri dari 5 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi KALTARA, rencana kegiatan selama 4 hari sejak tanggal 11 hingga 14 Juli 2017, yang di Gedung Graha KNPI kabupaten Nunukan sebagai tempat pelatihan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nunukan turut hadir dalam kegiatan tersebut sekaligus mewakili Kadis Sosial Provinsi Kaltara untuk membuka kegiatan Pemantapan TAGANA Mula Tahun 2017 tadi malam, Selasa (11/7).

Pelaksanaan Pemantapan TAGANA Mula merupaka awal program yang akan dilaksanakn Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Utara bekerja sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Nunukan dalam rangka persiapan Kampung Siaga Bencana, dimana Kabupaten Malinau dan Kabupaten Nunukan akan menjadi titik fokus utama Dinas Provinsi KALTARA untuk mendirikan Kampung Siaga Bencana pada tahun 2018 nantinya.

Pada laporan ketua panitia Pemantapan TAGANA Muda Tahun 2017 Matius Kasik, juga menyampaikan “Kegiatan TAGANA Mula pesertanya tidak hanya dari Kabupaten Nunukan namun turut hadir peserta dari Kota Tarakan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Tanah Tidung, Kabupaten Bulungan dan Perwakilan Dinsos Provinsi Kalimantan Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan TAGANA dalam menangapi bencana yang terjadi. Jumlah peserta yang ikut dalam Pemantapan TAGANA Mula Tahun 2017 sebanyak 50 Orang, untuk pembiayaan kegiatan Pemantapan TAGANA Mula melalui Dana Dekontrasi Tahun 2017 pada Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Utara”.

Pada Kesempatan yang sama Kepala Dinas Provinsi Kalimantan Utara Drs. H. Sugiono, M.Si pada sambutanya yang di bacakan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nunukan Dr. Andi Ahmad, mengatakan “ Taruna Siaga Bencana (TAGANA) adalah sebagai Mitra Pemerintah dalam penaggulangan bencana, perlu terus ditingkatkan kualitasnya maupun kuantitasnya agar dapat melaksanakan tugas secara professional dan keberadaannya tersebut merata di Kabupaten/Kota terutama pada lokasi rawan bencana. Kegeiatan ini merupakan upaya peningkatan penanggulangan bencana kususnya pada daerah rawan bencana. Dimana Dinas Sosial  Provinsi KALTARA melalui dana Dekontrasi Tahun 2017 akan membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kecamatan Sembakun dan Kecamatan Malinau Utara dalam rangka penanggulangan berbasis masyarakat”.

“Kami mengharapkan anggota TAGANA yang ada di kecamatan tersebut akan bersedia menjadi pengurus inti pada kepengurusan KSB nantinya. Dan semoga pada pelaksanaan Pemantapan TAGANA Mula ini para peserta mengikuti dengan baik dan memenuhi persyaratan untuk di usulkan menjadi Anggota TAGANA angkatan 2017 yang akan di akui oleh Kementerian Sosial RI”, harapan Kadis Sosial Provinsi KALTARA pada sambutannya.

Diselah pelaksanaan pembukaan Pemantapan TAGANA Mula Tahun 2017, Kontributor mencoba mewawancarai Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nunukan Dr. Andi Ahmad, menyampaikan “Dengan adanya kegiatan Pemantapan TAGANA Mula ini, sebenarnya sangat di untungkan Kabupaten Nunukan karena  diantara 50 Jumlah peserta Kabupaten Nunukan mengutus sebanyak 36 orang yang mengikutinya, kegiatan ini juga dalam rangka kita membentuk Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kecamatan Sembakung, Kita bersyukur sekali karena pihak Provinsi mau melaksanakan kegiatan seperti ini di kabupaten Nunukan mengingat pendanaan kita juga kurang. Untuk persiapan sudah sejak awal kita lakukan serta kita juga sudah berkoordinasi kepada Provinsi masalah tempat, undangan dan pakaiannya seperti apa. Bupati Nunukan juga memberikan dukungan dan apresiasi yang baik terkait kegiatan ini, karena sejak awal saya sudah menyampaikan kegiatan ini”.

“Kita juga sudah menerima bantuan dari Dinas Sosial Provinsi KALTARA berupa Perlengkapan Siaga Bencana seperti tenda serba guna, tas ransel, matras, selimut, tikar, dan seragam anggota TAGANA. Kita juga mendapatkan bantuan untuk kemasyarakat pada saat bencana seperti tenda segi empat, fiber/perahu karet, tenda keluarga, matras/tikar, tenda gulung, selimut, pakaian sekolah (SD, SMP dan SMA) dan makanan siap saji namun terbatas, kami juga berkoordinasi dengan Provinsi Kaltara agar dapat menambah bantuan berupa Makanan siap saji mengingat tahun ini kita tidak memiliki anggaran pengadaan Makanan siap saji”, tambah Dr. Andi Ahmad.

Pada kesempatan yang sama, Ketua TAGANA Kabupaten Nunukan Slamet Budi Santoso, SH mengatakan “Kami selaku Tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini cukup memberikan apresiasi terkait hal ini, mengingat daerah kita merupakan langgana bencana tiap tahunnya, bahkan ini merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat buat masyarakat khususnya saya pribadi. Persiapan yang kami lakukan itu sudah 3 bulan yang lalu setelah mendapat konfirmasi dan penunjukan sebagai tuan rumah pelaksanaan Pemantapan TAGANA Mula Tahun 2017 ini. Kami juga berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menambah porsenil kami yang masih kurang bahkan sangat kurang jika melihat dari aturan TAGANA tersebut. Ini merupakan ajang rekrutmen anggota TAGANA baru serta akan di SK-kan oleh Dinas Kabupaten dan Provinsi agar di akui oleh Kementerian Sosial RI nantinya.”

Pemateri Pemantapan TAGANA Muda tidak hanya dari TAGANA Provinsi Kalimantan Utara juga akan mendatangkan pemateri dari TAGANA Pusat yang saat ini masih dalam perjalanan menuju Kabupaten Nunukan.

 

Penulis        : HBM

Photografh : FT379



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • Jasa Bangun Rumah

    Infonya sangat berguna bagi kami, Thank you. https://jasaseo.website | ...

    View Article
  • JUAL FOREX ASLI

    for me this is a very very good information, because its contents make us become ...

    View Article
  • sctv

    info bermanfaat ...

    View Article
  • yalla shoot

    thanks for watching please subscribe ...

    View Article