BUPATI NUNUKAN SERAHKAN 28 SK CPNSD FORMASI PTT KEMENKES RI DI LINGKUNGAN KABUPATEN NUNUKAN

By Diskominfotik Nunukan 16 Jul 2017, 01:36:50 WIBDaerah

BUPATI NUNUKAN SERAHKAN 28 SK CPNSD FORMASI PTT KEMENKES RI DI LINGKUNGAN KABUPATEN NUNUKAN

Keterangan Gambar : [Dokumentasi] Suasana haru oleh CPNSD saat pemberian SK-CPNSD di ruangan pertemuan Lantai IV Kantor Bupati Nunukan


NEWS UPDATE – Setelah sekian lama mengabdi kepada pemerintah dan masyarakat, 28 Dokter dan Bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang berada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan merasa bahagia setelah menerima Surat Keputusan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (SK CPNSD) melalui Formasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Dengan Nota Kesepahaman (MoU) Nomor HK.05.01/II/692/2016 dan 810/280/III/2016 antara Sekretaris Jendral Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan Bupati Nunukan tentang pengadaan PNS di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan, yang didahului penyerahan Dokumen Penetapan Kebutuhan dan hasil seleksi ASN di lingkungan Pemerintah Daerah dari PTT Kementerian Kesehatan di Jakarta pada 21 Februari 2016 yang lalu. Dari hasil yang diterima langsung oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) 1 Orang Tenaga Dokter dan 27 Orang Tenaga Bidan lulus dalam seleksi ASN, dan menerima SK CPNSD Bidan dan Dokter Pegawai Tidak Tetap Kemenkes RI Formasi Tahun 2016 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan yang diserahkan langsung oleh Bupati Nunukan di lantai 4 Kantor Bupati Nunukan hari ini (10/07).

Dalam pelaksanaan Penyerahan SK CPNSD pada pegawai yang lulus, Sabri, ST. M.Si Kepala BKPSDM menyampaikan, “ada beberapa tahap proses pelaksanaan yang dilalui oleh peserta seleksi, diantaranya tes CPNS Formasi Tenaga Dokter, Dokter Gigi, dan Bidan PTT Kemenkes RI yang dilaksanakan pada tahun 2016 dan diselenggarakan langsung oleh KEMENKES RI. Seleksi yang dilakukan pada pegawai yang telah mengabdi di Puskesmas dan Pustu penempatan di wilayah Kabupaten Nunukan. Dan hari ini, sebanyak 28 SK CPNSD akan kita serahkan dengan rincian Tenaga Dokter 1 Orang dan Tenaga Bidan 27 Orang”.

Sebelum mengakhiri laporannya, Sabri, ST. M.Si menegaskan “dari seluruh rangkaian proses tersebut merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Nunukan untuk memperkecil kesenjangan antara kebutuhan / beban kerja dan ketersediaan personil Pegawai Negeri Sipil, sehingga kedepannya pelaksanaan pelayanan di bidang kesehatan dapat semakin berkualitas dengan tersedianya tenaga kesehatan yang memadai."

Senada dengan program Kementrian Kesehatan, Pemerintah Kabupaten Nunukan melalui Dinas Kesehatan terus berupaya melengkapi sarana dan prasarana kesehatan yang meliputi peningkatan pelayanan Puskesmas 24 jam. Layanan Puskesmas sudah menjangkau semua kecamatan dan pembangunan Rumah Sakit Pratama di Sebuku, Krayan dan saat ini juga diupayakan pembangunan Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Sebatik. Ini merupakan upaya untuk terus meningkatkan layanan kesehatan secara merata di semua wilayah Kabupaten Nunukan. Salah satunya dibuktikan dengan angka harapan hidup warga kabupaten yang naik menjadi rata-rata 71,23% pada tahun 2016 dari sebelumnya 70,83% di tahun 2015, naik 0,5%. Prof. DR. Nila Farid Moeloek mengatakan “pengangkatan tenaga medis dari PTT menjadi ASN ini merupakan upaya KEMENKES RI dalam pemenuhan tenaga kesehatan yang strategis di daerah terpencil dan sangat terpencil dengan menempatkan dokter dan bidan yang bertujuan menyelesaikan masalah tenaga kesehatan yang masih sering terjadi", jelasnya saat penyerahan Berkas hasil seleksi di Jakarta.

Menteri Kesehatan juga menegaskan, “para dokter dan bidan yang diangkat menjadi ASN adalah yang telah lama mengabdi atau ditempatkan di daerah tempat bertugas mereka saat ini, sehingga lebih dapat menjamin keberlangsungan pelayanan kesehatan khususnya daerah terpencil dan sangat terpencil. Peran penting para dokter dan para Bidan yang bertugas di puskesmas serta yang ditempatkan di desa-desa diharapkan mampu memberikan pelayanan kesehatan dengan baik. Diharapkan pula mampu menurukan atau menekan angka kematian ibu (AKI), angka kematian bayi (AKB) dan perbaikan gizi masyarakat."

Pada acara Penyerahan SK CPNSD tersebut, Bupati Nunukan mengingatkan "kepada saudara agar menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab secara professional, baik dalam mengabdikan diri kepada negara maupun melayani masyarakat. Untuk itu secara khusus saya mengingatkan kepada saudara bahwa, sebagai tenaga kesehatan tentu saudara telah di sumpah dan memiliki kode etik profesi kedokteran dan kebidanan maka jadikan etika tersebut sebagai landasan atau pijakan dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Sekalipun saudara sekalian ditempatkan di puskesmas atau pustu yang berada di Kecamatan dan pedesaan untuk tetap bekerja pada standar kinerja yang telah ditetapkan. Dan saya ingatkan untuk memberikan pelayanan dengan baik, serta memberikan pelayanan dengan sikap yang ramah dan sopan serta adanya kenyamanan."

“Tidak hanya itu, saudara telah secara resmi bergabung dengan korps pegawai negeri di Kabupaten Nunukan. Disini saya mengingatkan kembali kepada saudara sebagai seorang calon pegawai negeri sipil atau aparatur pemerintah, saudara sekalian telah diikat secara hukum yang berkenaan dengan kepegawaian. Ada etika birokrasi yang harus dijunjung tinggi. Ada rambu-rambu yang harus senantiasa ditaati dan dipatuhi", tegas Bupati Nunukan dalam sambutannya.

Kegiatan penyerahan SK CPNSD Formasi Dokter dan Bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kemenkes RI disaksikan secara langsung oleh Unsur Muspida dan Kepala SKPD Kabupaten Nunukan dan tamu undangan yang hadir pada saat itu. (FT3791/HBM/RDJ)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • harga tiket pesawat lion air

    untuk menampung peserta pameran dan juga tidak menutup kemungkinan ada jajanan ringan ...

    View Article
  • harga tv led samsung

    pembagian sticker anti narkoba dan kampanye tolak narkoba sangat bagus tuh ...

    View Article
  • harga tv

    Para pelamar atau pendaftar CPNS Tahun 2017 khusus untuk wilayah Kabupaten Nunukan ...

    View Article
  • harga kulkas

    selamat bekerja kepada pengurus yang baru dilantik dan selamat mengabdi bagi pelayanan ...

    View Article