BUPATI NUNUKAN NAHKODAI DPD HKTI KABUPATEN NUNUKAN

By Diskominfotik Nunukan 24 Jul 2017, 08:37:09 WIBDaerah

BUPATI NUNUKAN NAHKODAI DPD HKTI KABUPATEN NUNUKAN

Keterangan Gambar : Ketua DPP HKTI Kalimantan Utata (Hj. Udin Hianggio) menyerahkan bendera petaka kepada Ketua DPD HKTI kabupaten Nunukan (Hj. Asmin Laura Hafid, SE, MM) seetelah prosesi pelantikan DPD HTI Kabupaten Nunukan


 

NEWSUPDATE – HKTI Bangkit Petani Sejahtera! Awal sambutan yang diucapkan Bupati Nunukan dalam sambutannya pada acara Pelantikan Dewan Pengurus Daerah Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPD HKTI) Kabupaten Nunukan. Dalam proses Pelantikan DPD HKTI Kabupaten Nunukan yang dipimpin langsung oleh Hj. Asmin Laura Hafid, SE. MM dilantik secara resmi oleh H. Udin Hanggio, Bsc selaku Ketua Dewan Pengurus Provinsi (DPP) HKTI Kalimantan Utara pagi tadi. (23/07)

 

Dilantiknya DPD HKTI Kabupaten Nunukan, mengingat pertanian di Indonesia masih menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Maka dari itu pembangunan pertanian masih menjadi prioritas, termaksud di Kab. Nunukan yang menetakan pertanian sebagai salah satu sektor unggulan dalam rangka mensukseskan program agrobisnis di wilayah perbatasan.

 

Pelantikan DPD HKTI Kab. Nunukan merupakan langkah awal untuk mensejahterakan petani sebagaimana tema yang diangkat dalam kegiatan Pelantikan dan Pengukuhan DPD HKTI Kabupaten Nunukan seperti yang disampaikan oleh H. Jafar selaku Ketua Panitia Pelantikan. “Pelantikan DPD HKTI mengusung Tema Bangkit Petani Sejahtera. Kami berharap keberadaan HKTI ini dapat dimaknai sebagai sebuah momentum kebangkitan kaum tani bersama-sama berjuang meraih kesejahteraan secara mandiri dan dapat berkontribusi aktif dalam proses pembangunan daerah ke depan", jelasnya. “Pada acara Pelantikan DPD HKTI Kab. Nunukan kali ini, kami juga melibatkan dan menampilkan beberapa individu serta kelompok usaha kecil, menengah masyarakat Nunukan berdasarkan produk-produk unggulan mereka. Hal ini sebagai bentuk dukungan dan keseriusan HKTI untuk maju suburnya berbagai aktifitas ekonomi kreatif masyarakat di Kabupaten Nunukan”, tambah H. Jafar saat menyampaikan laporan Ketua Panitia Pelaksanaan.

 

HKTI bertujuan meningkatkan Pendapatan, Kesejahteraan, Harkat dan Martabat Insan Tani, penduduk pedesaan dan pelaku Agrobisnis lainnya melalui pemberdayaan rukun tani komoditas usaha tani dan percepatan pembangunan pertanian serta menjadikan sektor pertanian berbasis pembangunan nasional dalam rangka mewujudkan tujuan nasioanl sebagaimana termaktub dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Hj. Asmin Laura Hafid, SE. MM,  Bupati Nunukan menyampaikan, dalam usaha mewujudkan bidang pertanian diperlukan keseriusan mengelola Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM yaitu Petani. Mengingat dewasa ini lahan pertanian semakin berkurang dengan berbagai alasan, seperti populasi penduduk yang makin bertambah dan konversi lahan yang terjadi, maka upaya memaksimalkan fungsi lahan harus diutamakan."

 

“Petani selaku pengelolah SDM pertanian harus mendapat arahan, pendampingan dan motivasi demi gairah meningkatkan produktivitas pertanian. Kehadiran HKTI harus bisa memainkan peran dan fungsi selaku organisasi profesi dan memperjuangkan kepentingan petani ini. Dengan muaranya adalah tercapainya peningkatan kesejahteraan petani", tegas Bupati Nunukan.

 

Bupati wanita pertama di wilayah Kalimantan Utara ini juga merupakan anak seorang petani, mengingatkan tugas dan fungsi HKTI. "Kepengurusan HKTI di Kabupaten Nunukan hendaknya memahami tiga fungsi utama keberadaannya. Pengurus harus bisa menjalankan fungsi advokasi, pendampingan dan pembelaan terhadap berbagai kepentingan petani di semua sektor. Fungsi pembinaan dan bimbingan perlu diberikan pada petani sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Fungsi motivator serta dinamisator diperlukan untuk dapat memberikan motivasi dan pemahaman kepada seluruh stake holder pertanian, sehingga bisa sinergi", jelasnya.

 

Sebelum mengakhiri sambutan, Bupati Nunukan juga berpesan kepada seluruh pengurus HKTI Kab. Nunukan, "saya berpesan dapat benar-benar menjadi wadah bagi petani untuk memberikan wawasan mengenai penguasaan teknologi, akses pemodalan, pemasaran dan sebagainya."

 

 

Mantan Walikota Kota Tarakan yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Kalimantan Utara dan juga merupakan Ketua HKTI Provinsi Kalimantan Utara H. Udin Hianggio, Bsc, setelah melantik dan menyerahkan panji kebesaran HKTI, pada sambutannya menyampaikan “tugas kita memang tidak mudah. Banyak hal yang harus kita lakukan terutama untuk kepeningan kesejahteraan para petani kita. Saya dan Bupati Nunukan akan berupaya untuk mendatangkan Ketua HKTI Pusat dan akan didamping oleh Menteri Pertanian serta melihat langsung kondisi wilayah kita. Daerah kita luar biasa, perkebunan sawit, perkebunan lada dan singkong gajah, dan banyak hal”.

 

“Saya menawarkan kepada pak Abdullah, coba saya undang langsung tidak usah Ibu Bupati. Bagaimana petani-petani lada yang ada di Kabupaten Bulungan. Kesejahteraannya luar biasa sedangkan saya liat apa yang dilakukan oleh para petani, dimana daerah-daerah yang eks tebangan pohon ulin itu sangat subur dengan lada. Saya pernah di undang oleh salah seorang petani lada yang ada di Kabupaten Nunukan itu hanya dengan luas 1 hektar dia bisa paten lebih dari 1 ton, harga  ditempat itu bisa dia raup kurang lebih Rp. 170.000.000,-. Dan saya melihat petani-petani lada ada lahannya sempit tapi kehidupan ekonominya sangat luar biasa", tambah orang nomor 2 di Kalimantan Utara.

 

Harapan H. Udin Hiangio selaku Ketua HKTI Provinsi Kalimantan Utara, “kami mengharapkan Kelompok-kelompok tani, berikanlah masukan kepada kami. Apalagi sebagai generasi muda harus lebih bersemangat dari saudara-saudara sekalian. Jadi tugas kita memang tidak mudah tantangan banyak sekali, tapi mari kita bersama-sama dengan masyarakat lokal yang ada disini. Saya sepakat tadi sebelum kita memulai acara ini, ada pertunjukan kesenian adat dayak ciri khas Provinsi Kalimantan Utara sebagai bentuk wujud menjaga budaya kita yang ada di Kaltara”.

 

Rangkaian kegiatan seremonial Pelantikan dan Pengukuhan DPD HKTI Kabupaten Nunukan, dilanjutkan pemotongan Pita sebagai peresmian Kantor (Sekretariat) DPD HKTI Kabupaten Nunukan serta meninjau pameran produk hasil pertanian yang ada di Kabupaten Nunukan. Berselang beberpa jam kemudian rombongan DPP HKTI Provinsi Kaltara dan DPD HKTI Kabupaten Nunukan yang telah dilantik meninjau langsung ke perkebunan jeruk yang berada di Desa Panamas Kelurahan Mansapa Kecamatan Nunukan Selatan dan petani budidaya rumput laut di Kelurahan Mamolo. Dalam kegiatan pelantikan tersebut 350 Peserta Kelompok Tani, Kelompok Nelayan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, serta dihadiri Unsur Muspida, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nunukan, Unsur SKPD dan Camat Nunukan dan Nunukan Selatan. (All.Crew Diskominfotik/HBM/RDJ)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. Suara Burung Ciblek 25 Jul 2017, 08:25:51 WIB

    Thanks bro... Infonya menambah pengetahuan.

    Pittsburgh Steelers vs New York Giants Live Stream 11 Agu 2017, 15:18:16 WIB

    nice info

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat



Komentar Terakhir

  • obat peninggi badan

    Selamat kepada penerima piagam penghargaan,, ...

    View Article
  • streaming online gratis

    Mantabh sekali pak tentara ...

    View Article
  • streaming liga 1

    nice ...

    View Article
  • harga

    terimakasih, memang benar kebutuhan pangan yang baik sangat penting untuk kehidupan yg ...

    View Article