1 view

DIRGAHAYU KODAM VI/MULAWARMAN KE-59 TAHUN 2017

Komando Daerah Militer VI/Mulawarman merupakan Komando Kewilayahan Pertahanan yang meliputi provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan. Kodam ini merupakan hasil likuidasi dari Kodam VI/Tanjungpura, yang pada tanggal 28 Juni 2010 dipecah secara resmi oleh KASAD Jenderal TNI George Toisutta menjadi 2 Kodam yaitu Kodam VI/Mulawarman dan Kodam XII/Tanjungpura. Pangdam VI/Mulawarman saat ini adalah Mayor Jenderal TNI Sonhadji.

Komando Daerah Militer ini berasal dari Angkatan Laut RI Divisi IV/Pertahanan Kalimantan yang terbentuk pada tanggal 4 Oktober 1949, berkedudukan di Kandangan, Kalimantan Selatan. Oleh Pemerintah RI, ALRI Divisi IV ini ditetapkan menjadi Satuan Angkatan Darat dengan nama Divisi Lambung Mangkurat dengan wilayah seluruh Kalimantan. Terhitung 5 Januari 1950, Divisi Lambung Mangkurat ditetapkan menjadi Teritorium Kalimantan yang membawahi Sub Teritorium, yang kemudian di likuidasi menjadi tiga brigade operasi, yaitu Sub Ter I menjadi Brigade G, Sub Ter II menjadi Brigade F dan Sub Ter III menjadi Brigade E.

  • 1. Gambar 1

    Gambar 1

    Bupati Nunukan (Hj. Asmin Laura Hafid, SE, MM) dan Wakil Bupati Nunukan (Ir. H. Faridil Murad, SE, MT) Mengucapkan Selamat Dirgahayu KODAM VI/Mulawarman yang Ke-59 Tahun 2017 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook